Tips Membersihkan Loyang, Bersih Tuntas Seperti Baru –

Tips Membersihkan Loyang, Bersih Tuntas Seperti Baru – Para baker atau pembuat roti pasti memiliki koleksi loyang lebih dari satu. Loyang adalah alas vital yang digunakan untuk memanggang berbagai macam jenis kue kering juga roti. Loyang sendiri terbuat dari berbagai macam bahan.

Ada yang dari aluminium yang cepat menghantarkan panas, dari besi atau baja yang bisa menstabilkan suhu, dari silikon tahan panas yang anti lengket, juga dari bahan keramik yang memiliki pori-pori di permukaannya sehingga membuat kue matang dengan sempurna.

Beberapa loyang, dilengkapi lapisan anti lengket yang membuat kue gampang dilepaskan setelah matang. Loyang ini biasanya tidak meninggalkan sisa adonan di permukaannya karena seluruh lapisan roti bisa terangkat semua. Namun beberapa loyang, tidak dilapisi dengan lapisan anti lengket. Jadi ketika suhu terlalu panas dan kue kering menjadi setengah gosong, akan ada kerak-kerak yang tertinggal di permukaan loyang.

Kerak ini terkadang bisa hilang dengan cara dicuci, namun tidak dengan noda-noda warnanya. Terutama pada loyang aluminium, lapisan noda ini bisa bertahan berlama-lama meski sudah terguyur sabun pencuci piring berkali-kali.

Menurut laman Realsimple, untuk membersihkan loyang dari noda dan kerak dan membuatnya bersinar seperti baru lagi, Anda membutuhkan beberapa bahan yang harus disiapkan. Yaitu: Baking soda. Hidrogen peroksida. Botol semprot. Spon penggosok yang bertekstur agak kasar. Coba lakukan langkah-langkah ini:

1. Dalam kondisi kering tanpa air, siapkan loyang. Kemudian taburi bubuk baking soda merata, fokuskan ke area-area yang banyak dihiasi kerak.

2. Masukkan hidrogen peroksida ke dalam botol semprot, kemudian semprotkan ke seluruh permukaan loyang.

3. Lapisi lagi dengan bubuk baking soda secara merata, dan semprot kembali dengan hidrogen peroksida.

4. Diamkan loyang selama kurang lebih empat jam lamanya atau semalaman.

5. Dengan menggunakan spons berbahan sedikit kasar, gosok permukaan loyang dan bersihkan dari cairan baking soda dan hidrogen peroksida yang ada.

6. Celupkan dulu spons di dalam air jika lapisan baking soda sudah mengering.

7. Setelah semua kerak terangkat, cuci bersih loyang menggunakan sabun pencuci piring. Kemudian keringkan, lap loyang dan bersihkan dari percik-percik air.

Untuk mencegah timbulnya kerak di kemudian hari, Anda bisa melapisi loyang dengan kertas roti atau kertas aluminium sebelum menggunakannya lagi untuk memanggang adonan roti. Khusus untuk loyang yang memiliki lapisan anti lengket, Anda tak perlu melapisinya dengan alas kertas sebelum digunakan untuk memanggang.

Loyang tanpa kerak akan menghasilkan kue kering dan roti yang jauh lebih maksimal dalam kualitas. Karena kerak biasanya akan memancing adonan untuk menempel, sehingga permukaan kue tidak akan mulus apalagi rapi.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *