Kuasai Kompetisi Eropa, Klub Inggris Berpeluang Ulang Sejarah 2 Tahun Lalu 

Kuasai Kompetisi Eropa, Klub Inggris Berpeluang Ulang Sejarah 2 Tahun Lalu – Klub-klub asal Inggris telah menunjukkan kekuatan besar di kompetisi Eropa pada musim ini. Hal ini terlihat di ajang Liga Champions ketika partai final telah memperkuat dua tim asal Inggris yakni Manchester City dan Chelsea.

Man City berhasil melaju ke partai pamungkas Liga Champions 2020-2021 setelah menaklukkan wakil Prancis, Paris Saint-Germain (PSG). Skuad asuhan Josep ‘Pep’ Guardiola itu memenangi pertandingan kontra PSG dengan skor agregat 4-1.

Lalu, ada Chelsea yang juga tampil menawan saat menjungkalkan perwakilan Spanyol yakni Real Madrid. Tim besutan Thomas Tuchel itu tampil menawan setelah memenangkan pertandingan atas Madrid engan skor agregat 3-1.

Keberhasilan ini sekaligus membuat wakil Inggris mengulang hasil bagus yang sebelumnya saat Tottenham Hotspur dan Liverpool berjumpa di final Liga Champions 2018-2019. Bahkan pada tahun itu, sejarah tercipta ketika dua kompetisi Eropa yakni Liga Champions dan Liga Eropa dikuasai klub asal Inggris.

Pada ajang Liga Eropa 2018-2019, ada Chelsea dan Arsenal yang saling bersua di partai final. Alhasil, saat itu ada empat tim Inggris yang mentas di final kompetisi Eropa, dan kemenangan berhasil direbut Liverpool (Liga Champions) dan Chelsea (Liga Eropa).

Keberhasilan empat tim menembus dua final kompetisi Eropa tersebut membuat Inggris mencatatkan sejarah. Karena untuk pertama kalinya, finalis Liga Champions dan Liga Eropa dikuasai tim dari satu negara yakni Inggris.

Namun, pada tahun ini, sejarah tersebut berpotensi untuk terulang kembali. Saat ini, final Liga Champions telah mempertemukan Man City dan Chelsea. Lalu bagaimana dengan final di Liga Eropa?

Liga Eropa sendiri baru akan memasuki leg kedua semifinal pada Jumat 7 Mei 2021 dini hari WIB. Dua wakil Inggris pun akan bertemu di babak semifinal tersebut, di mana ada Manchester United dan Arsenal.

Man United memiliki peluang lebih besar lolos ke final karena pada leg pertama mereka memenangkan pertandingan kontra AS Roma dengan skor 6-2 di Old Trafford. Sementara Arsenal menyerah di leg pertama 1-2 saat bertamu ke markas Villarreal.

Namun, peluang Man United dan Arsenal untuk melaju ke final masih terbuka lebar. Meski Arsenal sedikit mendapat beban berat, tetapi mereka masih bisa menentukan kejayaan Inggris pada musim ini. Tetapi, akankah Man United dan Arsenal bisa membuat Inggris mengulang sejarah dua tahun lalu? Menarik untuk dinantikan.

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *