Peringatan yang Wajib Diganti Bar Tape Sepeda

Buat yang main Road Bike, Gravel Bike sampai Fixie, bar tape adalah satu-satunya part di sepeda yang menyentuh langsung sama anggota badan. Oleh karena itu tingkat kenyamanannya nggak bisa ditawar lagi.

Performa bar tape bisa menurun karena usia dan faktor lainnya. Sebaiknya sih kalau sudah ada tanda-tandanya segera lo ganti dengan yang baru biar bersepeda tetap nyaman.

Tanda-tandanya bisa lo lihat dengan kasat mata, seperti bar tape sudah mulai longgar dan terurai. Kalau ini sih jelas lah ya, sudah pasti nggak akan nyaman di tangan.

Ada juga bar tape yang usianya sudah uzur tapi tetap rapi di stang. Malah bagian dalamnya menempel dan sulit dilepaskan. Jangan senang dengan kejadian ini ya, itu tandanya bar tape lo juga sudah harus diganti dengan yang baru.

Kalau tanda-tanda tadi belum terlihat, sebaiknya lo sudah berjaga-jaga untuk membeli bar tape baru setiap 6 bulan sekali.

Itu sih kalau lo memang aktif banget bersepeda dengan mempertimbangkan keringat, air dan debu yang mungkin menempel di bar tape. Di atas itu, maksimal ganti bar tape setiap setahun sekali.

Biar bar tape lebih awet, setiap selesai bersepeda sebaiknya segera lo bersihkan. Buat yang memakai bar tape berwarna terang, bisa lo siasati part ini agar tetap bersih dengan minyak kayu putih.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *