Trik Dan Tips Edit Video YouTube

Hal yang utama dalam mengedit video untuk Youtube adalah kreatifitas dalam bercerita. Jangan batasi dirimu untuk mengedit video. Justru hal yang terpenting bagaimana kamu menyajikan videomu dan melibatkan dirimu seolah – olah kamu dan viewers berada di dalamnya saat menyaksikann videomu. Lalu bagaimana biar mengeditmu lebih praktis tapi menarik? Berikut tips dari Lensa Community:

  1. Upload Video Footage


Pastikan semua footage-mu terupload ke dalam software untuk mempersingkat waktu ketika kamu akan memilih footage yag pas untuk video-mu.

  1. Rencanakan Ide Kasar


Susunlah semua footage berdasarkan alur cerita yang ingin kamu sajikan. Agar lebih praktis mungkin kamu bisa susun berdasarkan footage yang utama yang akan menuntun cerita dari awal hingga akhir.
Misalkan kamu ingin edit video liburan kamu bisa bagi menjadi beberapa bagian seperti persiapan keberangkatan, cerita perjalanan hingga sampai, kesan ketika kamu sampai ditujuan, hal – hal menarik yang kamu temui, dan akhirnya pulang kembali ke rumah.

  1. Hapus atau Edit!


Dalam proses ini kamu akan menilai footagemu  klip demi klip, di mana kamu bisa memanipulasi durasi tiap footage-mu, meletakkan footage yang menjadi daya tarik, atau malah dihapus karena tidak sesuai dengan kebutuhanmu.

  1. Pasang Transisi, Cocokan Audio!


Gunakan transisi antar klip yang sebisa mungkin simple, tapi menarik! Apalagi bila format video Youtube-mu adalah vlog maka memasangkan transisi harus cocok dengan audio sehingga viewers bisa menikmati videomu dan paham aka nisi dari cerita di videomu. Transisi dan audio adalah kunci bagaimana membuat videomu bercerita.

  1. Atur Mood dengan Musik


Pemlihan music juga penting karena menentukan “mood” dari viewers yang menyaksikan videomu. Kamu bisa mengkolaborasi banyak music untuk videomu dan pastikan peran music disini tidak mendominasi tetapi sebagai “mood booster” untuk videomu.

Bagaimana? Apakah kamu sudah siap edit videomu sekarang? Semoga bermanfaatmu yah. Jangan lupa untuk follow dan pantau @lensacommunity untuk mendapatkan informasi seputar audio-visual terupdate dan inspirasi untuk berkarya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *