WandaVision Mirip Joker

WandaVision jadi pembuka Marvel Cinematic Universe Phase 4 dan jadi show pertama milik Marvel yang tayang setelah sempat vakum tahun 2020 lalu. Serial ini membawa para penonton ke realitas buatan Wanda Maximoff setelah dirinya mengalami depresi hebat pasca Infinity War.

Wanda membuat realitasnya sendiri dengan hidup dalam sebuah kota kecil bernama West View. Seiring berjalannya waktu, para penonton diajak membuka satu persatu misteri di balik realitas buatan yang diciptakan oleh sang hero.

Tapi apakah lo tau, bahwa ternyata WandaVision punya sedikit kemiripan dengan film Joker. Apa aja persamaan di antara keduanya?

Mendobrak tradisi film adaptasi komik

Seorang hero hadir untuk melawan villain, lalu berakhir sebagai pemenang. Tone bisa berubah, mungkin ada lebih dari satu villain, dan butuh lebih dari satu film buat mengalahkan villain sebenarnya. Formula cerita seperti itu udah digunakan sejak film superhero pertama populer pada tahun 1960an.

Namun Joker dan WandaVision mendobrak tradisi tersebut. Dalam film Joker, gak ada yang benar-benar jadi villain. Musuh bebuyutan Batman ini adalah seorang antagonis namun diceritakan jadi seseorang yang sengsara di dalam film.

Begitupun dengan WandaVision yang gak memperlihatkan siapa villain sebenarnya dalam film. Bahkan ada indikasi bahwa Wanda Maximoff lah yang sebenarnya berbuat kekacauan sepanjang serial tersebut. Baik Joker dan WandaVision terlihat sama-sama mendobrak formula film superhero yang udah disebutkan sebelumnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *