Fungsi Sadel Sepeda Yang Harus Kalian Tau!

Urusan sadel memang nggak bisa dibilang sepele pas bersepeda. Sadel adalah salah satu part yang menempel langsung dengan tubuh pesepeda. Jadi kenyamanan nggak bisa ditawar lagi.

Jangan dulu ngeluh sadel yang ada di sepeda lo terlalu keras dan sempit. Mungkin lo cuma butuh setting posisi sedikit biar posisi duduk lebih nyaman.

Secara umum, sadel terbagi menjadi dua: tipis dan sempit serta empuk dan lebar. Nanti dulu, opsi kedua belum tentu nyaman buat lo juga.

Soalnya sadel yang empuk nggak bisa menopang badan lo secara baik. Untuk jarak dekat mungkin nyaman, tapi untuk jarak jauh dan jangka panjang ini bisa berbahaya untuk kesehatan tulang.

Sadel yang terlalu empuk juga bisa bikin bokong terasa lebih panas. Soalnya, lo akan duduk jauh lebih membenam dan bukan nggak mungkin bikin lecet.

Jadi, sadel empuk dan lebar nggak direkomendasikan dong? Nggak begitu juga. Beberapa sadel lebar memang cocok buat beberapa sepeda, salah satunya buat sepeda ukuran 26 yang menganut gaya klasik.

Nah, justru sebaliknya, untuk sadel yang tipis dan sempit nggak selamanya bikin bokong sakit. Sadel model ini didesain untuk pesepeda bisa lebih leluasa bergerak karena bentuknya yang mancung.

Beberapa brand bahkan membuat sadel model ini dengan aerodinamika yang baik. Jadi lo tetap bisa lincah di atas sepeda sekaligus nyaman.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *